Sejarah Kelurahan Ketelan

Ketelan adalah salah satu kelurahan di kecamatan Banjarsari yang berada di tengah Solo sepanjang Kali Pepe. Terletak dekat dengan Puro Mangkunegaran sebagai daerah wisata budaya. Kelurahan Ketelan memiliki banyak wilayah padat penduduk yang bekerja di berbagai sektor.

Sejarah kronologi kelurahan dari seorang penduduk asli yang telah menetap sejak Indonesia masih di jajah oleh Jepang dan sekarang sudah turun temurun mendiami daerah ini. Kelurahan Ketelan terletak di kawasan kampung totogan dan terletak di sebelah barat belakang Pura Mangkunegaran. Totogan merupakan sebuah nama yang diberikan oleh penduduk sekitar karena letaknya yang menjadi totogan jalan dari taya sebelah barat pura mangkunegaran dan juga berbatasan langsung dengan sungai Pepe, awalnya penduduk daerah tersebut menyebut daerah ini notog, namun karena tidak terdengar bagus untuk diucapkan untuk sebuah nama kampung, akhirnya berubah menjadi totogan dan sampai sekarang tidak mengalami perubahan atas pemakaian nama kampung tersebut.

Kelurahan ini diberikan nama Kelurahan Ketelan karena kelurahan ini terletak notog di pinggir jalan dan berada notog di kampung totogan.